blogger Indonesia

Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Bisnis di Amazon

Belajar bisnis di amazon
Belajar Bisnis Online


Amazon adalah sebuah website yang menjual berbagai macam produk, saat ini ada lebih dari 101 juta produk yang dijual di Amazon. Selain kita bisa mendapatkan komisi mulai dari 4% - 6% dari setiap barang yang kita jual, Amazon juga akan memberikan komisi yang sama untuk produk produk lainnya yang customer beli.
Sebagai contoh, ketika si judhyn mempromosikan produk A maka secara otomatis Amazon akan menampilkan produk produk yang berkaitan dengan produk A, dan jika sipembeli tertarik membeli produk tersebut, maka kita akan mendapatkan komisi juga.
Kadangkala komisi yang kita dapat bahkan bukan dari produk yang kita promosikan, ya karena Amazon menerapkan system cookies selama 24Jam, jadi setelah pengunjung mengklik link promosi kita, maka jika dalam 1x24jam mereka membeli apapun dari Amazon kita akan mendapatkan komisi
Bergabung Dengan Affiliate Amazon
Bergabung menjadi affiliate amazon tidaklah terlalu sulit untuk orang Indonesia, bahkan tidak berbelit-belit, cukup isi form yang sudah disediakan dan konfirmasi melalui link, anda sudah siap untuk menjadi seorang affiliate.
Untuk mendaftar silahkan kunjungi www.Amazon.com dan scroll halaman paling bawah dan temukan link

"Join Associates"
Isi semua informasi yang diperlukan dan konfirmasi link yang diberikan melalui email, Selamat anda sudah menjadi affiliate Amazon sekarang
Nah sebelum anda mempromosikan produk-produk dari Amazon, ada baiknya anda tahu dulu apa daleman Amazon, Iya donk... biar lebih kenal luar dalem gitu

tracking number

Gunanya untuk mengkontrol promosi kita, setiap akun baru akan dilengkapi dengan sebuah tracking number, tracking number atau affliate kode di Amazon selalu berakhiran dengan "-20", misalnya : judhyn-20. Nah untuk setiap promosi sebaiknya kita menggunakan tracking yang berbeda-beda, tujuannya untuk mengetahui promosi mana yang berhasil melakukan penjualan dan mana yang tidak, untuk penambahan tracking kode nanti kita buat pada

Link & Banner

Disini kita bisa mendapatkan berbagai macam tool untuk promosi, baik berupa banner ataupun link, tapi kita hanya akan menggunakan link saja karena dari pengalaman saya ini yang lebih Joss. Setiap produk di Amazon selalu memiliki kode unik yang dinamakan ASIN (Amazon Standard Identification Number). ini nanti yang kita butuhkan untuk mendapatkan link produk.

Widget

Widget ini mirip banner, cuma bedanya bisa custom. Misalnya kita mau menampilkan dalam bentuk image roll over, dalam bentuk Tag, dalam bentuk rekomendasi dll. Widget biasanya dipasang disidebar blog, tapi bisa juga dipasang didalam single page atau header. contoh widget seperti dibawah ini:

eStore

eStore ini disediakan untuk para affiliate yang inin membuat toko sendiri, sesuai dengan niche yang dipilih. tapi saya ngga sarankan deh.

Report

didalam report kita bisa melihat statistik penjualan kita, traffik, mengecheck tracking kode yang berhasil dalam promosi dll.

Account Setting

Mau merubah password, merubah informasi kontak, merubah metode pembayaran, membuat tracking kode semua ada disini

Earning Summary

Disini kita bisa melihat data earning kita, berapa kali link promosi kita diklik dll. nah pada screenshoot diatas (diambil pada tgl 10-oktober-2011) earning saya baru USD0.16 hihi ... kecil ya padahal kliknya dah ribuan tuh, Ya gitulah jualan kadang rame kadang sepi namanya juga Usaha, tapi yang jelas nanti pada akhir bulan kita bisa melihat semua hasil promosi kita, contohnya seperti ini (september 1 - September 30)
Ngga banyak kan? tapi ini dari cuma 10 Video youtube lho, gimana kalo bisa buat ratusan atau ribuan video? ah ... ngga berkhayal dulu deh yang penting praktek setiap hari buat 5-10 video untuk disumbit ke Youtube , moga-moga tambah banyak yang beli hehe
Nah karena udah ngga' pada tahan gimana cara promosiin produk Amazon melalui Youtube, ayoo kita lanjutkan ke

Kenapa Youtube ?
Ada beberapa kelebihan jika kita mempromosikan produk Amazon melalui Video di Youtube, salah satunya adalah
Traffik Yang didapet Gratis
Halaman Youtube Bisa Tampil Dihalaman #1 Google Search
Bisa dapat limpahan traffik dari "Related Video"
Orang lebih senang melihat Video untuk presentasi sebuah produk
Mudah Diapprove
Semakin tinggi view semakin besar peluang untuk produk laku terjual
Hanya sekali Upload, traffik bisa datang seterusnya
Dan yang paling penting tidak ada biaya untuk mengupload Video
Gimana? bukankah semua kelebihan diatas bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan produk Amazon?
Melalui Youtube Kita Bisa Analisa Traffik Kita
Karena Youtube merupakan bagian dari Perusahaan Google, maka fitur anlisis pun disematkan di video yang kita upload di youtube, mulai dari geografi, keyword, asal pengunjung, sampai dengan jumlah pengunjung video anda perharinya bahkan anda bisa tahu berapa presentase pengunjung laki-laki dan perempuan ... wow.
Coba anda lihat statistik dibawah ini dari 10 Video yang saya upload pada bulan Sept-2010 s/d Oktober-2010
Total view untuk 10 video saya  adalah 14,227  selama 2 bulan (sept-okt), artinya satu video dalam dua bulan rata-rata mendapatkan pengunjung 1,400 Views (meskiun tidak rata ada yang lebih dan ada yang kurang). Sedangkan untuk pengunjungnya rata-rata 80% adalah laki-laki dan 20% perempuan. Yang membuat saya terkejut adalah popularity video saya yang banyak diakses dari benua Amerika , disinilah target market kita yang sering membeli barang melalui situs-situs besar seperti Amazon.com, Ebay.com dan Buy.com
Kenapa saya terkejut? karena saya baru tahu terjadi penjualan melalui Youtube setelah saya mengakses Amazon dan melihat penjualan melalui tracking kode yang saya buat, yang awalnya saya hanya mencoba-coba.
Jadi selain menggunakan metode RSS Feed seperti yang saya bagikan di blog saya ternyata promosi melalui Video juga bisa menghasilkan earning dari Amazon
Yuuk Kita lanjutkan cara Promosinya

Langkah pertama

yang harus anda lakukan adalah memiliki akun di Youtube.com, tetapi jika anda sudah memiliki akun Gmail maka anda bisa menggunakannya untuk login. Jika belum memiliki keduanya silahkan mendaftar di Youtube.com dulu ya
Langkah Kedua

anda login ke Amazon.com yang sudah anda buat sebelumnya. Nah sebelum kita memutuskan produk apa yang akan kita jual, kita akan melakukan research dulu sebentar menggunakan Google Insight, jangan khawatir Tool ini juga gratis kok
Setelah anda masuk ke Google Insight, Abaikan panel yang sebelah kiri dan hanya fokus pada panel sebelah kana, pastikan setting filter ini seperti gambar dibawah ini:
Penelusuran produk

disini kita hanya akan fokus menelusuri produk saja. Jadi langsung fokus ke sasaran

Amerika Serikat

Kita hanya akan fokus dengan produk-produk yang dicari oleh orang Amerika saja, kenapa? Ya karena cuma orang Amrik aja yang doyan belanja di Amazon, meskipun ada juga Amazon.de, Amazon.ca, Amazon.cn, Amazon.co.jp dan Amazon.co.uk, tapi kita akan fokus hanya di pasar Amerika
Hari Terakhir

kalo ini bisa anda ganti-ganti sesuai selera, misalnya 60 hari atau 30 hari.
Kategory

disini kita juga bisa gonta ganti sesuai dengan produk yang akan kita research, misalnya game, Home and Garden, Health dll.

Setelah selesai klik

Penelusuran
Saya akan ambil contoh keyword "otterbox iPhone 4" sebagai kata kunci untuk mencari produk diAmazon. Disini saya tidak melihat dulu berapa harga produk tersebut, karena ada yang menyarankan untuk menjual produk Amazon yang harganya diatas $100 agar kita bisa mendapatkan komisi besar (4% dari $100 = $4/sales) tapi belum tentu juga mereka membeli apa yang kita promosikan dan membeli produk lain.
Ingat sistem cookies pada halaman pertama ya, jadi target kita disini adalah mencari keyword yang bisa mendatangkan pengujung ke Video kita dan dari Video kita harapkan pengunjung akan mengklik link amazon yang sudah kita berikan Tracking kode.
Setelah itu copy keyword tersebut dan paste di search bar yang ada diamazon
Perhatikan Related search yang saya beri tanda kuning, ini adalah long tail keyword yang akan kita gunakan untuk judul video kita nantinya. mungkin anda bisa gunakan title menjadi:

  1. Best Otterbox iPhone 4 Defender Reviews
  2. Best Otterbox Defender iPhone 4 Reviews .. dst

Dan sekarang waktunya membuat Video ...

Alat pertama yang anda perlukan adalah perekam desktop, untuk program berbayar anda bisa menggunakan Camtasia Studio tapi disini saya akan berikan alternatif lain yaitu menggunakan Camstudio Free, silahkan download program ini dan Install kedalam komputer anda.
Untuk merekam Produk yang akan anda jadikan video, cukup anda buka halaman produk diamazon dan klik record pada software Camstudio.
Anda klik tombol merah, kemudian arahkan pada gambar Iphone di Amazon dan gerakan cursor anda (lihat panah merah) agar gambar berubah-ubah. tekan tombol biru dan save video anda. sekarang waktunya mengupload di Youtube ...
Sebelum mengupload di youtube, sebaiknya anda persiapkan link yang akan anda gunakan sebagai link promosi didalam deskripsi box nantinya, silahkan login ke Amazon associate program dan klik my account pada halaman Daleman Amazon.
Disini kita akan membuat tracking kode dulu, dengan mengklik "Manage your tracking IDs". Klik pada tombol "Add Tracking ID" , masukan tracking yang anda mau, misalnya saya buat tracking ID :youtubepertama, maka akan muncul konfirmasi:
Congratulations, youtubepertama-20 is available. Click the Continue button to return to your tracking IDs page.
Nah lanjutkan dengan mengklik Continue, ini artinya tracking ID anda bisa digunakan, ada kalanya tracking id sudah ada yang punya , jadi kita bisa mencari alternatif lainnya, atau menggunakan alternatif tracking ID yang Amazon berikan. ini adalah tracking ID yag berhasil saya buat:
Nah sekarang kembali lagi kehalaman depan amazon, untuk melihat ASIN produk yang akan kita promosikan
Pada contoh diatas ASIN-nya adalah : B003UC8RVE . untuk mendapatkan link produk ini, anda cukup login ke amazon associte program dan klik Link & Banner.Jangan lupa ganti tracking id pada kolom sebelah kiri menjadi tracking ID yang sudah kita buat dan klik pada link sebelah kiri  "Product Links " paste ASIN diatas pada form searh dan klik  

GO.
Anda akan mendapatkan hasil search seperti ditas, dan klik kanan pada link hasil seacrh kemudian pilih "Copy Link Location". Paste-kan link tersebut di box deskripsi yang ada pada youtube.
Silahkan lihat Videonya disini
 
Kenapa tidak memperpendek link Amazon dengan Tinyurl.com atau Bit.ly? Nah ini adalah salah satu trik, karena kita akan menambahkan kata-kata " Read More reviews from Amazon Buyer" dan tentu saja kita akan memberikan link Amazon, selain visitor lebih percaya karena linknya yang kita berikan link Amazon, URLnya pun tidak akan terlihat panjang ( youtube akan menyingkatnya ) ...

Kalau anda bisa menggunakan software video yang bisa menggabungkan antara gambar, text dan audio itu lebih bagus lagi, karena kita disini selain memberikan informasi mengenai produk yang akan kita promosikan kita juga akan mencoba meng"entertainment" pengunjung untuk bisa lebih lama lagi melihat video kita, harapanya sih sampai habis dan mereka mengklik box deskripsi.
Sekarang akan saya berikan dua perbandingan video yang berkualitas entertainment dan dengan yang biasa
Silahkan anda nilai sendiri, jika anda jadi pencari video di youtube dan disuguhkan video, lebih tertarik yang mana?
Untuk Trik bagaimana cara membuat Video 2 dan tekhnik research produk Advanced akan saya berikan dalam produk jhoeydhyn.blogspot. Tapi jika anda bukan termasuk blogger berburu dolar, silahkan praktekkan apa yang sudah saya berikan diatas, asal sabar dan mau continue ... pasti produk anda akan laku, tapi kalo termasuk blogger berburu dolar kaya saya yang sukanya klik...klik jadi silahkan ditunggu produknya ya hehe ... :promosi mode ON"
Berikut Study Case Produk 
Saya mempromosikan produk .................., yang saya dapat dari sumber .................... yang selalu update dengan produk-produk yang HOT sedang dicari saat ini.
Kemudian saya lakukan research produk di Amazon, dan mendapatkan produknya dengan harga rata-rata diatas $50, kemudian saya membuat video lengkap dengan image+text+Audio hanya kurang dari 10 menit dan menguploadnya ke Youtube (Cara buat video High resolution dan hanya butuh kurang dari 10 menit akan saya paparkan di produk bisnis affiliate

Apa yang terjadi 3 hari berikutnya..................?
Video saya muncul dihalaman pertama Google dengan keyword yang tidak mengandung kata-kata Video, bahkan keyword utama produk tersebut + tambahan long tail
Ini juga berefek dengan penjualan produk yang bersangkutan di Amazon, dan hebatnya lagi 4 penjualan lagi berasal dari tracking kode yang sama, artinya ada 2 kemungkinan:
  1. Pengunjung yang melihat video saya, kemudian mengklik link Amazon tetapi tidak membeli produk yang saya promosikan dan malah tertarik dengan produk lainnya (ingat cookies dihalaman pertama)
  2. Pengunjung yang melihat video, mengklik link Amazon dan membeli produk yang saya promosikan + dia juga tertarik dengan produk-produk lainnya.
No.1 pada gambar diatas adalah produk yang saya promosikan, No.2, No.3 dan No.4 adalah produk-produk yang laku juga dengan tracking ID yang sama, mari kita lihat analisa traffiknya.
Dilihat dari statistik, video dilihat dari:
searh youtube sebanyak : 136 kali, dan Google search sebanyak 7 kali. karena video yang saya promosikan adalah sebuah produk maka 99% yang mengetikan keyword tersebut adalah orang yang sedang mencari produk tersebut, sehingga peluang untuk produk terjual semakin besar
Untuk kepentingan penyidikan , maka hasil search dan link video saya blur dulu ya,nanti update di blog deeh akan saya lihatkan penampakannya
ini Bukan untuk Disimpan Didalam Hardisk Komputer, INGAT .... Tanpa PraktekTidak Akan Ada Perubahan Didalam Akun Amazon Anda, bagikan kepada teman anda juga.?

Nah berikut kesimpulan dari ebook ini dan apa yang harus anda praktekkan:
  1. Daftar Affiliate Amazon
  2. Buat Akun Youtube
  3. Research Produk
  4. Buat Video Menggunakan Camstudio
  5. Upload Video Ke Youtube + Buat link affiliate produk
  6. Ulangi langkah 1 dan ulangi lagi
Sukses Untuk Anda ..... kalau mau coba silahkan langsung Ke TKP click disini untuk Bergabung di affiliate amazon

Beri tahu teman anda tentang artikel ini :




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

click bank

Amazon Blog

Feeds burner

 

http://www.jhoeydhyn.blogspot.com | |