blogger Indonesia

Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Pengertian dan klasifikasi pada bearing

Pengertian dan klasifikasi pada bearing
Bantalan merupakan salah satu bagian dari elemen mesin yang memegang peranan cukup penting karena fungsi dari bantalan yaitu untuk menumpu sebuah poros agar poros dapat berputar tanpa mengalami gesekan yang berlebihan. Bantalan harus cukup kuat untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik. Pada umumya bantalan dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian yaitu.


a. Berdasarkan gerakan bantalan terhadap poros
• Bantalan luncur
Pada bantalan ini terjadi gesekan luncur antara poros dan bantalan karena permukaan poros ditumpu oleh permukaan bantalan dengan perantaraan lapisan pelumas.

• Bantalan gelinding
Pada bantalan ini terjadi gesekan gelinding antara bagian yang berputar dengan yang diam melalui elemen gelinding seperti bola, rol, dan rol bulat.

b. Berdasarkan arah beban terhadap poros
• Bantalan radial
Arah beban yang ditumpu bantalan ini adalah tegak lurus sumbu.

• Bantalan aksial
Arah beban bantalan ini sejajar dengan sumbu poros.

• Bantalan gelinding khusus
Bantalan ini dapat menumpu beban yang arahnya sejajar dan tegak lurus sumbu poros.
Meskipun bantalan gelinding menguntungkan, Banyak konsumen memilih bantalan luncur dalam hal tertentu, contohnya bila kebisingan bantalan menggangu, pada kejutan yang kuat dalam putaran bebas

Elemen Mesin (RANTAI)

Rantai
Pada bagian sebelumnya yaitu sabuk, slip dapat saja terjadi. Untuk menghindari terjadinya slip maka digunakan rantai baja yang terdiri dari sejumlah link kaku yang berengsel dan di sambung oleh pin untuk memberikan fleksibilitas yang diperlukan.
Rantai yang di gunakan untuk menstransmisi daya dimana jarak kedua poros besar dan dikehendaki tidak terjadi slip. Di banding dengna transmisi rooda gigi, rantai jauh lebih murah akan tetapi brisik serta kapasitas daya dan kecepatannya lebih kecil.Rantai sebagian besar digunakan untuk mengirimkan gerakan dan daya dari satu poros ke poros yang lain, seperti ketika jarak pusat antara poros pendek seperti pada sepeda , sepeda motor, mesin  pertanian, konveyor, dll dan juga rantai mungkin dapat juga digunakan untuk jarak pusat yang panjang ( sampai 8 meter ).
1   Keuntungan dan kerugian dai banding dengna transmisi sabuk
Keuntungan
1.       Selama beroperasi tidak terjadi slip sehingga ratio kecepatan yang sempurna.
2.       Karena rantai terbuat dari logam, maka ruang yang dibutuhkan lebih kecil dari pada sabuk, dan dapat menghasilkan transmisi yang benar.
3.       Memberikan efisiensi transmisi tinggi (sampai 98 persen).
4.       Dapat di operasikan dapa suhu cukup tinggi maupun pada kondisi admosfer.
Kekurangan
1.       Biaya produksi rantai relative tinggi .
2.       Dibutuhkan pemeliharan rantai dengan cermat dan akurat, terutama pelurusan dan penyesuaiann pada saat kendur.
3.       Rantai memiliki fluktuasi terutama saat terlalu merenggang.
2             istilah yang sering digunakan dalam rantai.
1.       Pitch of chain adalah jarak antara pusat engsel link dan pusat engsel yang sesuai dari link yang berdekatan, seperti di tunjukkan pada gambar 4.2, biasanya di lambangkan dengan p.
Pitch circle diameter of chain sprocket adalah pusat lingkaran pada engsel A,B,C dan D dimana di tarik lingkaran melalui pusat-pusat tersebut dengan pusat poros sebagai pusat lingkaran, di sebut pitch lingkaran atau diameter sprocket.

Roda gigi

Beri tahu teman anda tentang artikel ini :




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

click bank

Amazon Blog

Feeds burner

 

http://www.jhoeydhyn.blogspot.com | |