blogger Indonesia

Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Pengertian Page Rank


Apa sih Pagerank itu


Berdasarkan yang ada di http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank, definisi dari Google PageRank adalah sebuah fungsi algoritma yang diciptakan oleh pendiri perusahaan Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin dan telah dipatenkan secara hukum. Fungsi utamanya yaitu untuk menentukan website mana yang lebih populer ataupun lebih penting. Namun dalam perkembangannya Google Pagerank erat kaitannya dengan kepercayaan (TRUST) dan Authority (otoritas) sebuah website. Semakin tinggi pageranknya maka akan semakin terpercaya oleh user maupun search engine akan kebenaran informasinya. Selain itu Crawler bots (spider bots) dari Google akan lebih sering berkunjung untuk melakukan indeks terhadap website yang memiliki Google Pagerank tinggi karena search engine merasa bahwa konten - kontennya memiliki kualitas yang tinggi. Hight page rank






Google Pagerank

1.      Pagerank hanyalah salah satu cara dari banyak cara milik Google untuk mengukur relavansi dan seberapa pentingnya halaman website.

2.      Google memberikan pemahaman singkat apabila suatu halaman website memberikan link ke suatu halaman website lain maka itu akan dianggap sebagai VOTE. VOTE tersebut akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank website tersebut. Semakin banyak vote maka akan semakin baik.


3.      Tetapi perlu diingat bahwa vote tersebut berbeda tingkatan kualitasnya (link berkualitas) antara yang satu dengan yang lainnya. Berbeda di sini dalam arti ada yang sangat berharga, sedang, sampai tidak terlalu berharga. Semua tergantung dari aspek kepercayaan (trust), relavansi, dan otoritas (authority) halaman website tersebut.


4.      PR (A) = (1-d) + d (PR (t1) / C (t1) + ... + PR (tn) / C (tn)). Itu merupakan persamaan yang digunakan Google untuk menghitung PageRank suatu halaman, namun dalam perkembangannya akan selalu berubah - ubah dan lebih rumit. Tidak ada yang tahu secara pasti cara kerjanya (kecuali mungkin yang kerja di Google bagian ngurusin Pagerank)


5.      Vote (backlink) dari halaman website yang berkualitas buruk seperti website spam, website porno, website perjudian, dll tidak berdampak negatif terhadap Pagerank halaman website yang diberikan vote.


6.      Konten tidak diperhitungkan ketika Pagerank dihitung


7.      Usia website tidak mempengaruhi penilain pada Google Pagerank


8.      Google Pagerank bukanlah diperuntukkan bagi keseluruhan website layaknya Alexa Rank tetapi Google Pagerank diperuntukan bagi setiap halaman website.


9.     Setiap Link Masuk adalahpenting namun untuk website - website terlarang diberikan pengecualian


10.  Nilai pagerank antara 0 - 10 dimana semakin tinggi nilainya maka akan semakin sulit serta semakin membutuhkan banyak link masuk (inbound link) berkualitas.


11.  Pagerank diupdate secara berkala dan biasanya sekitar 3 bulan 1x


12.  Pagerank dihitung sepanjang waktu namun yang kita lihat di Google Toolbar hanyalah update Pagerank yang dilakukan sekitar 3 bulan 1x


13.  Nilai PageRank sebenarnya tidak berkisar dari 0 sampai 10. PageRank adalah sebuah angka floating point (titik ambang). Berikut adalah terjemahan dari yang disampaikan kepala pemberantas SPAM dari Google "Ini lebih akurat untuk menganggapnya sebagai suatu-angka floating point. Tentu saja internal kita PageRank perhitungan memiliki lebih banyak derajat resolusi dari nilai 0-10 ditunjukkan pada toolbar [http://www.mattcutts.com/blog/more-info-on-pagerank/ ]


14.  Google PageRank diyakini dihitung pada skala logaritmik . Skala logaritmik ini artinya adalah perbedaan antara PR4 dan PR5 mungkin sekitar 5-10 kali lipat lebih sulit dibandingkan perbedaan antara PR3 dan PR4. Dan ada pula kemungkinan untuk mendapatkan tingkatan Pagerank 6 berarti 100 kali lebih sulit.

Apa Saja Yang Memberikan Dampak Pada Google PageRank?


Berikut adalah beberapa ringkasan mengenai beberapa hal yang akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank, tetapi perlu diingat bahwa ini hanyalah sebagian saja.

1.  Inbound link dari suatu halaman berkualitas akan berdampak besar pada kenaikan Google Pagerank suatu halaman website


2.      Internal linking dapat mempengaruhi aliran perhitungan Google Pagerank


3.      Link keluar (eksternal link) akan mempengaruhi perhitungan Google Pagerank


4.      Setiap inbound link itu penting untuk total keseluruhan untuk penentuan Pagerank. Kecuali inbound link dari website yang terlarang. Berikut adalah sedikit terjemahan dari Google Pagerank FAQ (http://www.seochat.com/c/a/Google-Optimization-Help/Google-PageRank-Frequently-Asked-Questions/) "adalah PageRank suatu bentuk sistem voting. Link ke halaman adalah suara untuk halaman tersebut. Tinggi PageRank halaman dilihat oleh Google sebagai lebih penting. suara mereka diberikan nilai lebih oleh Google - nilai lebih jauh, dalam beberapa kasus. Secara umum, link suara lebih, semakin kuat PageRank


5.      Inbound Link dariwebsite yang memiliki kesamaan topik akan lebih besar pengaruhnya terhadap Google Pagerank


6.      Kegitana Illegal yang jelas - jelas dilarang oleh Google seperti cloacking, link farm, teks tersembunyi,, Spamdexing dan hal - hal lainnya yang erat kaitannya dengan Black Hat dapat menghilangkan tingkatan Google Pagerank hingga 0


7.      Anchor Text akan berpengaruh terhadap nilai Pagerank karena akan mempengaruhi relavansi 

Apa Saja Yang Tidak Berdampak Pada Google Pagerank ?


Berikut adalah beberapa ringkasan mengenai beberapa hal yang tidak berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank, tetapi perlu diingat bahwa ini hanyalah sebagian saja.

1.      Pagerank tidak dihitung berdasarkan usia


2.      Inbound Link dengan Nofollow atribut tidak akan dihitung


3.      Inbound link dari DMOZ tidak akan berpengaruh terlalu besar terhadap pagerank (bukan berarti tidak berpengaruh)


4.      Inbound Link dari Yahoo Directory tidak akan berpengaruh terlalu besar terhadap pagerank (bukan berarti tidak berpengaruh)


5.      Sub-direktori tidak harus memiliki Page Rank yang lebih rendah dari root-direktori. Tergantung pada popularitas  subdirektori tersebut.


6.      Meta-Tags tidak akan meningkatkan PageRank


7.      Inbound link dari website berkualitas buruk tidak memiliki pengaruh pada Google Pagerank


8.      Load Speed Website tidak berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank 

Jangan Terpengaruh Pagerank


Banyak webmaster yang sangat terpengaruh atau bahkan terobsesi dengan tingkatan pageranknya entah itu karena bisnis, gengsi, atau apapun itu. Mereka melupakan hal yang terpenting yaitu kualitas website dan kontennya. Padahal kualitas website dan kontennya merupakan hal yang sangat fatal. Konten adalah nomor satu. Apalagi era google panda alogarithm 100 % konten buatan anda akan menambah page rank anda. Jika kalian memiliki konten yang berkualitas maka baik user maupun search engine akan mengikuti kalian dan itu akan berdampak pada tercapainya tujuan kalian. Lagipula jika kualitas konten kalian bagus maka tidak menutup kemungkinan para pembaca yang memiliki blog akan memberika link kepada kalian secara cuma - cuma! Hal tersebut tentu nantinya akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank kalian.
Setuju?


Beri tahu teman anda tentang artikel ini :




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

click bank

Amazon Blog

Feeds burner

 

http://www.jhoeydhyn.blogspot.com | |